Tips Mencari Sewa Motor di Yogyakarta

Motor sewa milik Frent sedang dalam perawatan agar tetap dalam kondisi prima (3)

Motor sewa milik Frent sedang dalam perawatan agar tetap dalam kondisi prima (3)

Kebutuhan transportasi selama berwisata di suatu tempat dapat menjadi persoalan kecil akan tetapi mengganggu. Apalagi untuk wilayah yang tidak memiliki transportasi massal yang terintegrasi. Walaupun terkadang suatu wilayah telah memiliki transportasi massal yang memadai dan terintegrasi, tetap saja menjadi suatu masalah apabila dikaitkan dengan keterbatasan waktu yang dimiliki selama berwisata. Oleh karena itu, sering kali para wisatawan memilih untuk menyewa/rental alat transportasi sehingga dapat mengatur waktu dan lokasi yang akan dituju sesuai dengan agenda yang telah mereka atur sendiri.

Terdapat dua pilihan alat transportasi yang dapat wisatawan pilih sebagai moda transportasi, yaitu sepeda motor dan mobil. Tentang pemilihan jenis moda transportasi sepeda motor atau mobil sering kali terkait dengan preferensi masing-masing wisatawan. Untuk yang memiliki jiwa petualang, sering kali mereka akan memilih menggunakan sepeda motor. Sedangkan untuk yang menginginkan kemudahan akan memilih menggunakan mobil dengan disopiri oleh pihak pemberi layanan jasa sewa mobil.

Untuk kali ini, FRent Jogja hanya akan berfokus pada tips mencari sewa motor/rental motor selama anda berwisata di area Yogyakarta/Jogja. Jika para wisatawan telah memiliki jadwal yang pasti untuk datang ke Jogja, maka sesegera mungkin untuk melakukan pencarian informasi persewaan motor jogja/rental motor jogja. Di jogja terdapat banyak persewaan motor/rental, oleh karena itu perlu diperhatikan tentang kredibilitas dari masing-masing penyedia jasa sewa motor/rental motor Jogja.

Terdapat beberapa jasa sewa motor/rental motor Jogja yang mengandalkan kedekatan lokasi mereka dengan pintu masuk ke Jogja seperti stasiun Lempuyangan, stasiun tugu, bandara Adisutjipto, terminal Giwangan, terminal Jombor. Juga terdapat beberapa jasa sewa motor/rental motor Jogja yang mengandalkan kedekatan lokasi mereka dengan pusat penginapan di Jogja seperti di Malioboro atau di daerah Prawirotaman. Terdapat juga persewaan motor yang tidak mengandalkan kedua hal tersebut, akan tetapi memberikan fasilitas layanan antar jemput motor sesuai dengan lokasi yang ditentukan oleh calon penyewa motor. Umumnya persewaan motor/rental motor Jogja yang mengandalkan kedekatan dengan pintu masuk ke Jogja atau penginapan di Jogja mempromosikan jasa mereka dengan menempatkan motor yang disewakan di lokasi kantor mereka, sedangkan yang tidak mengandalkan kedua cara tersebut umumnya mempromosikan jasa sewa motornya dengan menggunakan website.

Untuk kemudahan bagi pelanggan, sebaiknya memilih jasa rental motor/sewa motor Jogja yang menggunakan cara terakhir dalam menjual atau mempromosikan jasanya. Hal ini karena pelanggan akan mendapatkan banyak kemudahan, yaitu adanya kepastian sedari awal akan mendapatkan motor sesuai dengan waktu dan jenis yang telah ditentukan. Apalagi jika waktu untuk berkunjung ke Jogja adalah pada saat libur panjang, maka ketersediaan motor oleh jasa rental motor/sewa motor di Jogja menjadi sesuatu yang sangat sulit didapatkan. Selain tentang ketersediaan motor, keuntungan yang didapatkan juga termasuk kejelasan harga. Terkadang beberapa jasa rental motor/sewa motor Jogja menaikkan tarif sewa sekehendak hati mereka.

Setelah menentukan untuk menggunakan jasa rental motor/sewa motor jogja yang memanfaatkan website untuk memperkenalkan produk mereka, selanjutnya perlu dilakukan pemilihan diantara penyedia jasa yang akan dihubungi untuk dilakukan pemesanan rental/sewa motor. Karena mereka memanfaatkan website, maka pelanggan akan dengan mudah mencari masing-masing keunggulannya, seperti fasilitas dan harga sewa serta jenis motor yang disediakan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kualitas layanan mereka, perlu bagi calon pengguna jasa rental motor/sewa motor untuk melihat-lihat review dari mantan pengguna yang biasanya terdapat di akun google bisnis mereka. Dalam review ini calon pelanggan dapat mengetahui mengenai kejujuran penyedia jasa rental/sewa motor, ketepatan waktu, keramahan, kecepatan dalam merespon. Semakin tinggi nilai reviewnya, maka semakin bagus juga pelayanan yang akan mereka berikan kepada pengguna jasa. Semakin banyak pemberi review, semakin valid isi dari review tersebut.

Terkadang uraian yang ada dalam suatu website tidak menggambarkan keadaan yang sebenarnya, oleh karena itu penting bagi calon pengguna jasa sewa motor untuk berfikir secara rasional. Terkadang mereka menguraikan sesuatu yang tampaknya sangat bagus, bahkan terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Sebagai contohnya, terdapat website yang menyatakan tidak membutuhkan syarat apapun untuk menyewa kepada mereka, ini dapat menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki pengalaman menjadi penyedia jasa sewa motor atau mereka akan memberikan layanan yang asal-asalan kepada pelanggan. Ada pula website yang menyatakan bahwa motor yang mereka sewakan umurnya dibawah 1 tahun, ini menunjukkan bahwa mereka merupakan penyedia jasa sewa motor yang masih baru dan tidak berpengalaman (kurang dari satu tahun) atau mereka hanya berfikir jangka pendek dan akan melakukan perubahan isi dari websitenya apabila mereka telah berumur lebih dari satu tahun.

Selanjutnya, pilihlah motor yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk pengguna jasa rental/sewa motor Jogja yang memiliki tubuh besar, sebaiknya menggunakan motor yang berbodi besar juga seperti Vario atau Spacy. Untuk yang berbadan kecil dapat memilih untuk menggunakan Honda Beat, Yamaha Mio.

Demikian tips kali ini. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah perhatikan review, rasionalitas isi website, dan harga yang wajar, serta tipe motor yang sesuai dengan kebutuhan anda.