Persiapan Sewa Motor Jogja – FRent Jogja Menyambut 17 Agustus 2018

Setiap tahun, tanggal 17 Agustus yang merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia selalu disambut oleh masyarakat dengan antusias. Hampir di semua wilayah diadakan kegiatan berupa lomba atau kegiatan meghias lingkungan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia ini.

Bagi sewa motor Jogja – FRent Jogja, tanggal 17 Agustus 2018 ini juga selalu memiliki arti tersendiri. Tanggal 17 Agustus 2018 jatuh pada hari jum’at sehingga menjadi momen long weekend bagi para pekerja. Sebagaimana pada long weekend lainnya, momen ini merupakan saatnya para traveler menyerbu Jogja.

Pada saat menghadapi long weekend, ada kenikmatan dan sekaligus kesusahan yang datang disaat bersamaan. Pada saat tersebut, tingkat okupansi sewa motor hampir menyentuh 100% yang mana merupakan kabar gembira bagi semua pemilik usaha jasa sewa motor Jogja. Akan tetapi agar semua kegiatan pengantaran dan penjemputan dapat berjalan secara efektif, semua harus direncanakan secara matang.

Perencanaan kegiatan operasional dimulai dari pengaturan jadwal motor yang disewakan. Setiap motor harus dipastikan benar-benar berada dalam kondisi yang siap disewakan pada waktu yang telah ditentukan. Jangan sampai terjadi pada saatnya untuk diantar, motor masih berada di pelanggan yang lainnya. Selain itu juga harus dipastikan bahwa tidak ada pesanan yang belum dicatat. Jika sampai terjadi hal yang seperti ini maka akan membuat jadwal yang sudah disusun rapi akan menjadi berantakan.

Selanjutnya adalah merencanakan jadwal pegawai yang akan melaksanakan tugas pengantaran dan penjemputan motor. Pada kondisi long weekend biasanya terjadi penumpukan waktu pengantaran pada satu waktu sedangkan pada waktu yang lain lebih lowong.

Seringkali terjadinya penumpukan pengantaran adalah pada pukul 07.00 pagi dan mulai pukul 10.00 sampai pukul 17.00 sepi kegiatan pengantaran, baru kemudian terjadi penumpukan lagi pukul 18.00 sampai 21.00. Jika hal tersebut terjadi, maka perlu siasat tersendiri agar kegiatan pengantaran dan penjemputan dapat berjalan lancar, salah satunya dengan melemburkan pegawai.

Selanjutnya adalah pengaturan lokasi pengantaran dan penjemputan. Pada saat long weekend, kondisi jalanan di dalam kota Jogja saat ini benar-benar macet. Oleh karena itu seringkali jasa sewa motor Jogja-FRent Jogja menghindari untuk mengantar/menjemput di lokasi yang jauh dari stasiun lempuyangan, karena proses pengantaran yang akan membutuhkan waktu lebih lama. Jika kami menerima pesanan untuk lokasi yang jauh, bisa jadi kami malah mengorbankan pelanggan kami yang lainnya. Jadi kami lebih memilih untuk menerima pesanan yang dekat area lempuyangan atau apabila pelanggan bersedia untuk mengambil dan mengantar motor di kantor kami.

Namun apakah dengan pengaturan-pengaturan tersebut semua akan berjalan dengan lancar? Berdasarkan pengalaman, tidak selalu berjalan lancar. Pada hari H terkadang kendala-kendala muncul yang dapat membuat jalannya operasional terhambat. Kendala tersebut sering kali berasal dari eksternal sewa motor Jogja – FRent Jogja.

Kendala tersebut dapat berupa pembatalan pemesanan secara tiba-tiba oleh pelanggan. Pembatalan ini dapat menyebabkan susunan motor yang telah direncanakan menjadi berubah, sesuai dengan isian reservasi yang akan diterima sebagai pengganti sewa yang telah dibatalkan tersebut.

Selain itu, kendala juga dapat berupa kesalahan informasi yang disampaikan oleh pelanggan pada saat reservasi. Misalkan pada data reservasi disebutkan bahwa pengantaran dilakukan pukul 17.00, akan tetapi ternyata yang diinginkan oleh pelanggan adalah pukul 07.00 untuk hari yang sama. Hal ini menyebabkan jadwal kerja dan jadwal motor harus diubah kembali dan disesuaikan.

Semoga dengan segala persiapan yang sudah direncanakan, untuk momen long weekend 17 Agustus 2018 ini dapat berjalan dengan lancar.

Salam FRent

Monday5:00 AM - 9:00 PM
Tuesday5:00 AM - 9:00 PM
Wednesday5:00 AM - 9:00 PM
Thursday5:00 AM - 9:00 PM
Friday5:00 AM - 9:00 PM
Saturday5:00 AM - 9:00 PM
Sunday5:00 AM - 9:00 PM