Museum yang harus anda datangi saat ada di Jogja

Memiliki julukan sebagai Kota Pelajar Jogja memilih berbagai macam wisata yang bisa anda gunakan untuk menambah pengetahuan. Selain berbagai macam budaya dan makanan anda juga bisa mengunjungi beberapa museum di Jogja. Nah, salah satu cara agar Anda bisa dengan mudah berwisata dari museum ke museum yakni dengan menggunakan jasa sewa motor Jogja.

Jasa sewa motor Jogja saat ini menjadi alternatif terbaik bagi wisatawan yang ingin berwisata di kawasan Jogja namun terkendala transportasi. Nah, jika sudah menemukan cara yang tepat, lantas kemana saja destinasi museum yang harus dikunjungi di Jogja?

Berikut adalah beberapa museum yang bisa anda kunjungi :

De Mata Trick Eye

Biasa dengan nama Museum pasti di benak anda akan terpikir kesan tua dan membosankan. Namun tidak dengan De Mata Trick Eye yang akan membuat mata anda terkagum-kagum akan tipuan yang dibuat tangan manusia. Anda akan menyaksikan beberapa yang ukurannya sangat besar dan yang sangat kecil.

De Mata Trick Eye Museum terbagi menjadi 2 yaitu, De Mata 1 berada di  Basement XT Square Jl. Veteran No.151,  Umbulharjo, Kota Yogyakarta, sedangkan De Mata 2 berada di Lt2 Gedung Umar Kayam Kompleks XT Square Yogyakarta. Jika mau ke De Mata Trick Eye Museum, pastikan datang pada jam 10.00 – 22.00 WIB.

Nah, lantas berapa biaya masuk De Mata Trick Eye? Tiket masuk ke De Mata Trick Eye bermacam-macam tergantung jam kunjungan dan tujuannya.

  • Senin – Jumat pukul 10.00 – 15.00 harga tiket 30ribu rupiah
  • Senin – Jumat pukul 15.00 – 22.00 harga tiket 40 ribu rupiah
  • Senin – Minggu + peek season pukul 10.00 – 22.00 harga tiket 50ribu rupiah

Tapi untuk Anda yang datang bertepatan dengan hari ulang tahun Anda, maka tiket gratis masuk ke De Mata berhak Anda dapatkan.

Museum Affandi

Museum Affandi berada di  Jalan Laksda Adisucipto 167.  Museum seni ini buka setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Jadi bagi kamu yang ingin datang ke tempat ini waktu weekend atau libur nasional, alangkah lebih baiknya untuk mengatur jadwal ulang.

Museum Affandi dibuat untuk menghormati sang maestro pelukis legendaris asal Indonesia Affandi. Sepanjang hidupnya sudah sekitar 300 lukisan karya Affandi yang ia buat. Sang maestro lukis ini menjadikan rumahnya sebagai tempat memamerkan semua karyanya. Dirumahnya ini pulalah Affandi kemudian dimakamkan.

Jika Anda ingin menikmati keindahan karya sang maestro lukis Affandi, Anda bisa datang ke museum ini dan membayar tiket masuk sebesar 20ribu. Nah, jika Anda ingin mengabadikan moment Anda saat berada di museum ini, maka pihak museum akan mengenakan biaya tambahan. Sebesar 20ribu rupiah untuk kamera dan Rp 10.000 untuk hp.

Monument Jogja kembali

Banyak dikenal dengan nama Monjali berada di jalan Lingkar Utara Kelurahan Sariharjo Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Jika ditilik dari kota mungkin aksesnya sedikit jauh, namun dengan memanfaatkan sewa motor Jogja tentu perjalanan akan jauh lebih mudah.

Monjali merupakan museum dengan bentuk yang unik yakni berbentuk gunung. Museum ini bercerita tentang perjuangan rakyat Jogjakarta dalam mempertahankan kemerdekaan. Bagi Anda yang menggemari sejarah, museum ini sangat recommended untuk didatangi.

Monjali terdiri dari 3 lantai lengkap dengan perpustakaan. Selain perpustakaan, ada banyak hal yang bisa Anda lihat dimuseum ini antara lain barisan 422 nama pahlawan yang gugur membela Negara Kesatuan Republik Indonesia, dokumen, foto, senjata, dan beberapa replika kejadian sejarah yang terjadi di tahun 1945-1959. Salah satu yang menarik di museum ini adalah tenda yang dulu pernah dipakai Panglima Jendral Sudirman.

Anda bisa berkunjung ke Monjali pada hari perayaan Imlek, karena saat itu Monjali akan disulap menjadi taman lampion yang indah.

Museum Batik

Menggunakan jasa sewa motor Jogja bukanlah hal yang menyusahkan. Jika Anda berkunjung ke Monjali dan ingin menengok museum batik tentu tidak perlu repot menunggu transportasi umum.

Rumah koleksi batik ini ada di Jalan Dr. Sutomo Daerah Istimewa Yogyakarta.  Disini Anda bisa menemukan 1.200 macam perbatikan yang di buat oleh berbagai macam seniman batik yang ada di Jogja.

Koleksi batik yang ada di Museum Batik sudah ada sejak tahun 1700 dan terbilang memiliki koleksi yang sangat komplit. Koleksinya dibagi menjadi 3 bagian yaitu, pedalaman, pesisir dan Batik Kuni. Setidaknya ada 500 koleksi batik tulis, 560 batik vap dan 124 alat pebantik dan 35 wajan serta pewarna.

Tak hanya bisa melihat-lihat kain batik, anda juga bisa belajar membatik dengan beberapa seniman di sana. Tak cukup sampai disitu, anda juga bisa membeli hasil karya anda sendiri atau membeli beberapa kain batik yang dijual di Museum Batik ini.

Museum batik buka setiap hari pada pukul 09.00 – 15.00 WIB. Untuk masuk ke kawasan ini Anda dikenai biaya masuk sebesar 15ribu untuk dewasa dan 10ribu untuk anak-anak.

Empat museum diatas bisa Anda kunjungi keseluruhan jika memanfaatkan jasa sewa motor Jogja. Tak perlu khawatir terkait biaya, biasanya sewa motor Jogja menghitung biaya harian atau mingguan, jadi bisa lebih hemat. Jogja adalah kota yang luas dengan banyaknya wisata didalamnya, jangan lewatkan setiap detik dengan menunggu, manfaatkan sewa motor Jogja dan berkelilinglah ke seluruh penjuru Jogja.